Last Updated on

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara memilih tema blog terbaik untuk Anda. Setelah Anda membuat blog, kemudian telah tahu cara memulai menjalankannya.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana membuat, memulai, menjalankan, dan memelihara blog, baca artikel saya sebelumnya.

Cara Membuat Blog Bagi Pemula: Tutorial Lengkap

Panduan Memulai dan Memelihara Blog

Maka langkah selanjutnya adalah memilih tema blog terbaik untuk Anda. Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. Selamat membaca..

 


Dengan jangkauan Internet yang terus berkembang dan audiens peselancar web yang terus tumbuh setiap menit, Anda masih dapat dengan mudah menghasilkan uang dengan membuat blog khusus.  Anda tidak harus memulai dengan banyak pengikut atau menjadi terkenal untuk mencapai jangkauan digital yang masuk akal dan menghasilkan uang.

Hanya ada tiga hal yang dibutuhkan.  Tiga hal tersebut adalah:

  1. Gairah atau semangat
  1. Kesabaran
  1. Ketekunan

Gairah atau semangat: Jangan memilih topik blog hanya berdasarkan keuntungan saja.  Pilih niche yang sesuai untuk Anda. Apa yang Anda sukai? Apa yang menghabiskan waktu ketika suatu hal ada dalam pikiran Anda?  Apa topik yang paling membuat Anda jengkel dan teman-teman Anda? Jika Anda menemukan niche yang melibatkan hasrat Anda, Anda tidak akan pernah kehabisan topik untuk ditulis. Untuk tujuan itulah artikel cara memilih tema blog terbaik ini ditulis.

 

Kesabaran: Menyadari keuntungan dari menjalankan blog membutuhkan waktu.  Tidak akan pernah instan. Dibutuhkan waktu dan upaya untuk mengembangkan audiens dan lalu lintas organik melalui hubungan yang sehat dengan mesin pencari, atau dikenal sebagai SEO. Untuk tujuan itulah artikel cara memilih tema blog terbaik ini ditulis.

Ketekunan: Belum menghasilkan uang sepeser pun setelah sebulan?  Jangan menyerah! Terus kembangkan konten, pertahankan jadwal yang teratur, dan bersenang-senang saat melakukannya.  Jika Anda membangunnya, ‘mereka’ akan datang. Untuk tujuan itulah artikel cara memilih tema blog terbaik ini ditulis.

 

Cara Memilih Tema Blog Terbaik: apa itu blog ‘niche‘?

Niche atau tema khusus blog adalah kategori atau segmen pasar yang lebih kecil dan lebih jelas.

Contoh:

Kategori utama: Anjing

Kategori niche: Pelatihan anjing

Kategori utama: Ulasan Buku

Kategori niche: Fiksi Dewasa Muda Kontemporer

Kategori utama: Blogging

Kategori niche: Blog SEO

Niche yang sempurna untuk Anda bisa berupa apa saja – kemungkinannya tidak terbatas!  Pikirkan tentang apa yang Anda sukai, di mana hasrat dan semangat Anda berada. Kemudian ambil ide itu, dan persempit sedikit lebih jauh.  Anda dapat mengurangi berdasarkan geografi atau subkategori dalam gairah, hasrat, dan semangat Anda, atau keduanya.

Jika Anda pikir tidak akan ada minat dalam bidang pilihan Anda, Anda akan salah.  Tidak peduli seberapa membosankan atau betapa membosankan menurut Anda gairah Anda tersebut bagi orang lain, akan ada surplus peselancar web di luar sana yang akan berhasil menemukan renungan Anda. 

Dan Anda, di sudut kecil World Wide Web yang besar, mungkin menjadi salah satu orang yang menginspirasi dan terlibat dalam kehidupan orang lain di luar sana.

 

10 Topik Blog Paling Menguntungkan

Tentu, ada kategori blog yang lebih menguntungkan daripada yang lain.  Ini tidak berarti bahwa Anda harus masuk ke salah satu kategori ini. Namun, jika hasrat Anda melibatkan salah satu dari ‘biggies’ ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan bagian dari tema itu dalam pemilihan niche Anda.

Setiap kategori ini memiliki sejumlah topik yang dapat diekstrapolasi dan dikembangkan. Dengan membacanya Anda akan segera memahami bagaimana cara memilih tema blog terbaik.

 

  1. Cara Menghasilkan Uang Online

Ini adalah kategori blog penghasil uang yang jelas, sangat tepat dan ramai sekali yang membahasnya.  Artikel ini berfungsi sebagai niche dalam kategori ini: menghasilkan uang dari rumah dengan niche dalam blog.

Contoh Niche Sukses: Darren Rowse

Darren Rowse mengajarkan orang bagaimana menjalankan blog penghasil uang yang sukses di situs ProBlogger, dan menghasilkan sekitar $ 40.000 per bulan untuk melakukannya.

Darren Rowse mengambil tema utama menghasilkan uang secara online dan mengubahnya menjadi niche dengan menunjukkan kepada orang-orang cara mendapatkan penghasilan secara online melalui blogging. 

 

  1. Keuangan Pribadi

Kategori ini bukan tentang menghasilkan uang, tetapi tentang uang dan manajemen aset.  Lebih lanjut dapat dibagi menjadi investasi, mata uang, penganggaran, tabungan, dan aspek lain dari keuangan pribadi.

Contoh Niche Sukses: Rosemarie Groner

Blog sukses uang dan anggaran rumah tangga Rosemarie Groner yang disebut Busy Budgeter menghasilkan sekitar $ 86.000 per bulan.

Groner mengambil kategori utama keuangan pribadi dan membuka blog khusus tentang penganggaran keluarga yang ditujukan untuk orang-orang yang tidak teratur.  Itu adalah pengisi celah yang sempurna yang sekarang dia mendominasi.

  1. Kesehatan dan Kebugaran

Kebugaran dan metode diet baru, hidup sehat, dan tempat penurunan berat badan online adalah hal yang populer.

 Contoh Niche Sukses: Jessica Castaneda

Blog kebugaran Jessica Easy Living Today sangat menarik, dan dia membawa $ 20.000 yang dilaporkan per bulan.

Dia memulai sebuah blog dalam kategori utama kesehatan dan kebugaran dan mempersempitnya ke niche perencanaan makannya, terutama untuk para ibu yang sibuk.  Itu adalah home run dari sebuah ide.

  1. Resep

Berapa kali Anda mencari resep secara online?  Sebuah situs resep bersama dengan banyak resep dan ceruk makanan dapat mendatangkan banyak lalu lintas.

Contoh Niche Sukses: Jennifer Debth

Situs web dan blog Jennifer Debth yang disebut Show Me the Yummy menarik $ 46.000 per bulan.

Jennifer memulai sebuah blog dalam kategori utama resep, dan kemudian membuat niche untuk dirinya sendiri dengan membuat dan memposting resep “mudah”.  Karena strategi ini, ia mendominasi hasil mesin pencari dengan daftar untuk resep mudah.

  1. Kecantikan dan Mode

Sekali lagi, kemungkinannya tidak terbatas.  Dari tutorial make-up hingga petunjuk gaya rambut hingga sebelum dan sesudahnya, hingga desain pakaian atau ulasan, apa saja bisa terjadi!

Contoh Niche Sukses: Chiara Ferragni

Blog mode Chiara, The Blonde Salad, telah berjalan selama sepuluh tahun dan telah berubah menjadi monster.  Merek dan situs web fesyennya sendiri menghasilkan sekitar $ 200.000 per bulan.

Chiara memulai blog kecantikan dan fesyen dengan penekanan tinggi pada membuat identitas dan mereknya sendiri menonjol.  Dengan melakukan itu, dia menjadi influencer top di dunia fashion tahun lalu.

  1. Pengembangan Pribadi

Atau dikenal sebagai pelatihan hidup, kategori ini menarik perhatian banyak orang.  Saya yakin Anda sudah bisa memikirkan beberapa orang dalam kepala Anda yang merupakan pelatih kehidupan atau guru yang didedikasikan untuk pengembangan diri dan mencapai kebahagiaan.

Contoh Niche Sukses: Gina Trapani

Situs sederhana yang didedikasikan untuk peretasan kehidupan, situs Peretas Gina Trapani dilaporkan menghasilkan $ 110.000 per bulan.

Situs pengembangan pribadi ini mengisi ceruk hebat dengan peretas sederhana dan menyenangkan.  Informasi kebijaksanaan ini sempurna untuk dibagikan, dan ia menjadi viral.

  1. Seni dan Kerajinan

Banyak dicari dan diselidiki, situs seni dan kerajinan DIY mencetak satu ton lalu lintas.

Contoh Niche Sukses: Abby Lawson

Situs Abby Lawson adalah campuran dari organisasi rumah dan dekorasi yang orang-orang telah kenal dan cintai.  Situsnya menghasilkan sekitar $ 41.000 per bulan.

Abby memulai sebuah blog dalam kategori seni dan kerajinan tetapi benar-benar mempersempitnya untuk fokus pada organisasi dan kerajinan dekorasi rumah untuk keluarga dan ibu.

  1. Parenting

Seiring pertambahan populasi, begitu juga jumlah orang yang menjadi orang tua.  Orang-orang yang pertama kali tertarik dengan kebijaksanaan pengasuhan dengan berbondong-bondong.

Contoh Niche Sukses: Heather B. Armstrong

Blog pribadi ini bukan tentang pengasuhan anak tetapi melibatkan peran sebagai ibu dengan sikap yang lucu dan imut.  Blog Dooce Heather Armstrong menghasilkan sekitar $ 50.000 per bulan.

Armstrong memulai sebuah blog dalam kategori pengasuhan anak dan memasukkannya dengan humornya sendiri, dengan mudah membedakan dirinya dari blog tema sejenis lainnya.

  1. Traveling

Blog traveling atau perjalanan menangkap trafik dari semua jenis pengguna.  Orang-orang melakukan riset sebelum berlibur atau bepergian ke lokasi untuk bekerja.  Mereka mungkin akan menemukan konten Anda!

Contoh Niche Sukses: Heather dan Pete Reese

Tn. Dan Ny. Reese menjalankan blog perjalanan keluarga bernama It’s a Lovely Life.  Uang yang mereka hasilkan dari blog mendukung gaya hidup bepergian mereka. Bayangkan menghasilkan sekitar $ 170.000 per bulan hanya dari blog – karena mereka melakukannya!

Reeses masuk ke dalam kategori blogging perjalanan, dan muncul dengan ceruk perjalanan mereka sendiri bersama keluarga dan anak-anak.

  1. Pemasaran atau Marketing

Periklanan terutama bergerak dari kertas ke digital, dengan yang terakhir ini menawarkan berbagai cara yang lebih besar untuk memasarkan bisnis seperti pemasaran email, desain situs web, halaman arahan, iklan bayar per klik, dan banyak lagi.

Contoh Niche Sukses: Neil Patel

Neil Patel adalah salah satu blogger paling produktif dan sukses dalam sejarah blogging dan dia berfokus pada pemasaran situs web.  Dia mempublikasikan penghasilannya sendiri lebih dari $ 350.000 per bulan.

Mr. Patel memulai sebuah blog dalam kategori pemasaran dan memiliki ceruk pasar sendiri dengan pemasaran online.  Langkah yang sangat sukses.

 

Bagaimana Cara Memilih Tema Blog Terbaik Yang Luar Biasa?

Jika Anda mencari cara untuk menghasilkan uang secara online, yang memang Anda inginkan, niche dalam blog dapat menguntungkan. 

Anda ingin menemukan niche yang berpotensi menghasilkan uang.  Pada saat yang sama, niche ini harus menjadi sesuatu yang Anda tahu banyak tentangnya, sesuatu yang Anda sukai dan berada dalam area di mana Anda akan berkontribusi kepada komunitas melalui kedalaman pengetahuan Anda dalam hal tersebut.

 

Pilih sesuatu yang Anda sukai untuk dibicarakan

Jika Anda suka membicarakannya, Anda mungkin tahu banyak tentang subjeknya.  Sangat penting bahwa subjek pilihan Anda adalah sesuatu yang Anda sukai untuk dibahas karena Anda akan menulis artikel tentang subjek secara teratur, semoga setiap hari. 

Ketika orang kehabisan ide segar, saat itulah mereka menjatuhkan bola dan berhenti memposting di blog mereka. Dan jika mereka tidak memposting, mereka tidak menghasilkan uang.

Anda tidak harus menjadi sangat ahli  dengan cara apa pun. Gairah yang Anda berikan pada postingan blog Anda adalah apa yang membuat perbedaan nyata. 

Setiap topik harus menjadi sesuatu yang benar-benar membuat Anda bersemangat. Kegembiraan Anda akan menular dan pos Anda akan merangsang dialog.

Lakukan Riset Pasar

Subjek yang Anda pilih harus memiliki jumlah bunga yang stabil dan ada beberapa cara untuk menentukan tingkat minat online.

Kunjungi Google Trends dan cari istilah Anda menggunakan analisis lima tahun.  Misalnya, katakanlah Anda ingin memasukkan kategori resep dan mempersempitnya menjadi resep makanan penutup yang sehat.  Menjalankan pemeriksaan pada ‘Makanan Sehat’ menghasilkan jenis bagan yang ingin Anda lihat.

Lihatlah kompetisi

Anda bisa mendapatkan gagasan hebat tentang persaingan yang akan Anda hadapi dengan pencarian Google.  Lakukan pencarian dan lihat hasil apa yang muncul.  

Lakukan pencarian untuk istilah kunci ide niche Anda. Coba beberapa variasi berbeda untuk menemukan niche terbaik Anda.

Uji Profitabilitas

Tujuannya adalah menghasilkan uang.  Anda dapat dengan mudah melihat apakah ide niche Anda menguntungkan dengan menyelidiki iklan yang ditempatkan untuk istilah kunci Anda. 

Jika perusahaan mengeluarkan uang untuk beriklan di Google, situs menghasilkan uang dari penempatan iklan ini.

Jika Anda menemukan iklan yang ditempatkan di bawah pencarian terkait, niche Anda kemungkinan menguntungkan.  Kalau tidak, perusahaan tidak akan membayar iklan berdasarkan persyaratan utama tersebut.

Jika perusahaan membayar iklan dalam subjek niche Anda, mereka akan membayar iklan di situs Anda.  Itulah cara Anda menghasilkan uang. Anda dapat menggunakan Amazon, Adsense atau untung dengan pemasaran afiliasi atau kombinasi keduanya.

Kesalahan Umum yang Dibuat oleh Blogger Baru Mencari Topik

Ada beberapa perangkap umum yang dialami banyak blogger pertama kali saat mencoba menemukan niche blog yang sempurna.

 

Memaksa atau mencari hasrat Anda

Tidak semua orang memiliki sesuatu yang benar-benar dan sepenuhnya dikhususkan untuknya.  Jika Anda tidak yakin apa hasrat Anda, jangan paksa. Karena itu bukan gairah.

Menjadi bergairah tentang sesuatu terjadi selama bertahun-tahun.  Kerinduan dan semangat tentang suatu topik tertentu adalah dorongan yang dikembangkan dari waktu ke waktu, dan tidak tiba-tiba ditemukan.

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki gairah yang penuh pengabdian ini, Anda mungkin memiliki minat yang mendalam pada sesuatu.  Mungkin banyak hal. Memulai blog tentang topik itu akan membantu mengembangkan hasrat yang sedang di bicarakan dalam artikel ini.

Tetapi hal yang salah untuk dilakukan adalah mencarinya.  Seperti yang saya katakan sebelumnya, itu bukan sesuatu yang ditemukan atau dibangunkan secara tiba-tiba.  Ini adalah sesuatu yang Anda kembangkan dari waktu ke waktu.

 

Memilih kategori yang terlalu luas

Jika kategori Anda terlalu luas, lebih sedikit pencarian dalam mesin pencari akan menemukan postingan blog Anda.  Anda akan tenggelam dalam lautan pesaing dan pencarian terkait. Dan tidak akan ada yang membedakan Anda.

Jika materi pelajaran Anda terlalu luas, Anda tidak akan memotivasi banyak orang.  Tanpa motivasi, Anda tidak akan mengumpulkan pemirsa reguler. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memotong ide blog Anda menjadi niche atau tema khusus yang lebih kecil dan lebih menguntungkan.

Menghindari kompetisi

Persaingan sehat sangat bagus dalam masyarakat pasar bebas.  Persaingan membuat harga tetap rendah, meningkatkan kualitas, memberikan pilihan, menginspirasi inovasi, dan mendorong semua peserta untuk melakukan yang lebih baik secara umum.

Jangan takut dengan kompetisi.  Jika Anda menemukan niche yang bagus dengan banyak lalu lintas dan ada pesaing blogging lain di luar sana, jangan melemparkan ide hanya karena Anda berpikir, “Oh, saya tidak akan pernah berhasil menyaingi mereka.” Jika lalu lintas pencarian ada di sana  , Anda akan mendapatkan bagian yang adil.

Anda juga dapat belajar dari pesaing Anda.  Dengan mempelajari pesaing Anda, Anda dapat melihat apa yang berhasil dan mungkin memperbaiki gagasan itu.  Beginilah kompetisi umumnya membuat kita lebih baik.

Tidak ngeblog secara rutin

Seorang blogger yang sukses membuat kalender editorial dan tetap menggunakannya.  Anda harus memposting setiap hari, Senin hingga Jumat. Atau tentukan waktu Anda sendiri, sehingga Anda dapat melakukannya secara rutin.

Mungkin sulit untuk menemukan topik baru dan menarik untuk diposkan, tetapi lakukan yang terbaik.  Setiap bagian tidak perlu layak menjadi Pulitzer. Anda dapat melempar beberapa posting ringan dan cepat.  Asalkan Anda terus ngeblog!

Memilih niche blog berdasarkan pada profitabilitas saja

Meskipun Anda ingin mendapat untung, jika Anda sama sekali tidak tahu tentang topik tersebut tetapi langsung memanfaatkan potensi keuntungannya, itu tidak akan berhasil.  Untuk banyak alasan.

Artikel dan postingan blog Anda harus bagus.  Mereka harus bersemangat.

Anda juga akan merasa sangat sulit untuk membuat topik untuk ditulis.  Jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau minat tentang subjek yang Anda bahas, Anda tidak akan terinspirasi untuk menulis.  Posting blog Anda akan jatuh dan Anda akhirnya akan menyerah.

 

Tidak menentukan Nilai Jual Unik Anda

USP (Unique Selling Point) Anda adalah apa yang menentukan Anda dan membuat Anda berbeda dari pesaing Anda.  Apa yang membuat Anda berbeda? Apa yang membuat Anda istimewa? Mengapa audiens Anda harus memperhatikan Anda alih-alih orang lain itu?

USP Anda dapat didasarkan pada sejumlah hal.  Itu dapat didasarkan pada kredensial Anda, kepribadian Anda, humor Anda atau ketiadaannya, pengetahuan Anda, dan gaya Anda.

Juga, cara Anda mengirimkan informasi dan postingan blog Anda adalah sepotong besar kue USP.  Apa gayamu?

 

Ringkasan

Ingat tiga hal dalam blogging:

  1. Gairah
  1. Kesabaran
  1. Ketekunan

Definisi: Niche blog adalah sub-kategori yang lebih kecil di dalam kategori yang lebih luas.

Sepuluh kategori blog paling menguntungkan yang dibahas dalam artikel ini;

1) Cara menghasilkan uang secara online

2) Keuangan Pribadi

3) Kesehatan dan Kebugaran

4) Resep

5) Kecantikan dan Mode

6) Pengembangan Pribadi

7) Seni dan Kerajinan

8) Parenting

9) Traveling

10) Maketing

Untuk menemukan niche yang hebat, Anda harus memilih yang benar-benar Anda sukai, yang ingin Anda diskusikan.  Lakukan riset pasar dan periksa tren kata kunci, persaingan, dan volume pencarian. Juga, pastikan niche Anda memiliki potensi keuntungan!

 

Kesalahan Umum:

1) Memaksa diri untuk bersemangat atau bergairah

2) Memilih kategori yang terlalu luas

3) Menghindar dari persaingan

4) Tidak mengikuti jadwal blogging biasa atau tidak rutin

5) Memilih niche berdasarkan pada profitabilitas saja

 6) Tidak mendefinisikan Nilai Jual Unik Anda


Yupz sekian artikel kami yang berjudul Cara Memilih Tema Blog Terbaik : Panduan Lengkap ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. 

Salam damai dan selamat ngeblog…

Cheers ☕


This post first appeared in English on theblogstarter.com at https://www.theblogstarter.com/how-to-choose-the-perfect-blog-topic-for-you/

Thank you very much to Scott Chow at theblogstarter.com  for content translate permission.

Please visit his blog if you like the article with a discussion about blogging. Many interesting articles there. Scott is a good writer in every subject discussed in his blog.